Heboh Jokowi Tunjuk Langsung Ahok Gantikan Anies Baswedan Sebagai Plt Gubernur DKI, Benarkah?
Foto DOK Turnbackhoax

Bagikan:

JAKARTA - Unggahan akun Youtube RODA POLITIK baru-baru-baru ini bikin heboh karena menyebut telah ada Pelaksana tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta.

Tidak tanggung-tanggung, dalam judulnya, akun ini menyebut penunjukan dilakukan langsung Presiden Joko Widodo (Jokowi). Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menggantikan Anies Baswedan sebagai Plt Gubernur DKI.

Dipilih Langsung Oleh Jokowi !! Ahok Resmi Jadi PLT Gubernur DKI,” demikian judul dari RODA POLITIK dilansir dari turnbackhoax, Senin, 22 November. 

turnbackhoax

Benarkah hal ini?

Dalam video rupanya menampilkan hasil wawancara Presiden Joko Widodo membicarakan calon gubernur ibu kota. Dengan memasang judul yang heboh, video Youtube telah ditonton lebih dari 10 ribu kali.

Setelah dilakukan penelusuran terkait kebenaran klaim dalam judul yang ditampilkan, ternyata ditemukan adanya kekeliruan.

"Presiden Jokowi ternyata tidak pernah menunjuk Ahok menjadi gubernur PLT DKI Jakarta," tulis turnbackhoax.

Walaupun ada menyebutkan nama Ahok sebagai gubernur, ternyata hasil wawancara ini bukan membahas tentang PLT Gubernur DKI Jakarta, namun membahas tentang calon kepala otoritas ibukota negara baru.

“Untuk Badan Otoritas Ibu Kota Negara, ini memang kami akan segara tandatangani perpres di mana nanti ada CEO-nya. Sampai sekarang belum diputuskan. Akan diputuskan dalam minggu ini,” kata Jokowi.

Wawancara dilakukan pada 4 Maret 2020 lalu. Jokowi memberikan 4 nama yang akan menduduki jabatan kepala otoritas ibu kota negara baru di Kalimantan. Nama-nama tersebut yaitu, Basuki Tjahaja Purnama, Azwar Anas, Bambang Brodjonegoro dan Tumiyana.

Di dalam video juga tidak ada memperlihatkan pernyataan resmi dari pihak manapun terkait Plt Gubernur DKI Jakarta.

"Jadi dapat disimpulkan bahwa video dengan judul yang mengklaim Ahok telah ditunjuk sebagai Plt Gubernur DKI Jakarta merupakan informasi hoaks kategori konten yang dimanipulasi," demikian turnbackhoax.